Selasa, 04 Januari 2011

SOAL MIDTERM TEST: PENDIDIKAN AQIDAH

SOAL MIDTERM TEST [TAKEN HOME EXAMINATION]
FAKULTAS TARBIYAH IAIN AR-RANIRY, BANDA ACEH

___________________________________________________________________________________
MATA KULIAH : PENDIDIKAN AQIDAH
KODE/SKS : TPA 5806/ 2 SKS
HARI/UNIT : SELASA/ 3
DOSEN : DR. H. HASAN BASRI, MA
ASISTEN : LUKMAN EMHA, S.AG

___________________________________________________________________________________


NAMA : ………………………………
N I M : ………………………………


A. Petunjuk Mengerjakan Soal

1. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan jelas dan sesuai dengan perintah dalam setiap butir soal.
2. Pilihlah 5 (lima) soal saja dari 13 (tiga belas) soal yang tersedia, yang dianggap lebih mudah.
3. Setiap soal mempunyai bobot nilai 5, dan total nilai yang diperlukan maksimal 25.
4. Jawaban diketik pada kertas A4 dengan Times New Roman, dan besar fon 12; dan 1,5 spasi.
5. Jawaban diserahkan pada Hari Kamis, tanggal 6 Januari 2011, jam 14.00-16.00 WIB di ruang 2, Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry, Surin.

B. Soal-Soal:

1. Jelaskan latar belakang dan faktor-faktor penyebab lahirnya aliran Khawarij, Syi’ah dan Murji`ah.
2. Jelaskan latar belakang dan faktor-faktor penyebab munculnya teologi al-Asy’ariyah dan al-Maturidyah dan mengapa kedua aliran ini mengklaim dirinya sebagai Ahl al-Sunnah wa al-Jama’ah.
3. Jelaskan hubungan ikhtiar dengan Qadha dan Qadar beserta tingkatan-tingkatannya dan bagaimana pendapat Ahl al-Sunnah wa al-Jama’ah tentang hubungan tersebut.
4. Jelaskan pengertian al-Asma’ al-Husna dan bagaimana cara mengaplikasikannya dalam amaliah sehari-hari.
5. Sebutkan klasifikasi tauhid beserta penjelasannya dan tulislah dalil pendukung masing-masing dari ayat –ayat al-Qur’an.
6. Sebutkan dan jelaskan al-Ushul al-Khamsah menurut pandangan Mu’tazilah dan mengapa Mu’tazilah menafikan sifat-sifat Allah.
7. Jelaskan perbedaan pendapat di antara Mu’tazilah, Maturidiyah, dan Asy’ariyah tentang qadim atau huduts (baharu)nya al-Qur’an.
8. Jelaskan perbedaan pandangan antara Qadariyah dan Jabariyah tentang kebebasan manusia dan sebutkan dalil ayat al-Qur’an yang mereka gunakan untuk menopang argumen mereka.
9. Sebutkan faktor-faktor yang dapat merusak aqidah dan cara mengatasinya.
10. Apa yang Anda ketahui tentang:
a. Fatalism
b. Predestination
c. Free Will and Free Act
d. Al-Shalah wa al-Ashlah
e. Anthropomorphism

11. Mengapa aqidah penting dipelajari oleh setiap orang Islam dan apa hubungan aqidah dengan akhlak dan ibadah.
12. Jelaskan perbedaan yang sangat fundamental antara aliran Maturidiyah Samarkand dan Maturidiyah Bukhara; dan jelaskan pula perbedaan dan persamaannya antara aliran Maturidyah dengan Asy’ariyah tentang sifat-sifat Allah.
13. Mengapa aliran Mu’tazilah disebut teologi Rasional-Liberal; sementara aliran Asy’ariyah disebut teologi Tradisional.

Selamat bekerja….Good luck!

Banda Aceh, 4 Januari 2011

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar