Selasa, 11 Januari 2011

KISI-KISI SOAL UJIAN FINAL : MAZAHIB ISLAMIYAH

KISI-KISI SOAL UJIAN FINAL

MATA KULIAH : MAZAHIB ISLAMIYAH
KODE/SKS : TPA 7803/ 2 SKS
HARI/UNIT : SENIN/ 3
DOSEN : DR. H. HASAN BASRI, MA



Soal-soal mengenai Mazahib Islamiyah yang akan diuji pada ujian final adalah hal-hal yang berkaitan dengan masalah-masalah berikut ini:

1. Seputar latar belakang, faktor-faktor, pengaruh lahirnya Mazahib Islamiyah.
2. Masalah-masalah yang berhubungan dengan mazhab-mazhab Fiqh dan aliran Tasawuf, sejarah yang melatarbelakangi munculnya, dan sebab-sebab munculnya di dunia Islam.
3. Hal-hal yang berkaitan dengan munculnya gerakan dan paham keagamaan (pokok-pokok pemikiran Islam modern) di beberapa negara: Mesir, Turki, India, Arab Saudi, dan Indonesia berikut dengan tokoh-tokohnya.
4. Gerakan-gerakan pembaharuan (tajdid) Islam, tokoh dan pemikirannya:

a. MESIR---difokuskan pada pemikiran pembaharuan yang dilakukan oleh Jamaluddin al-Afghani (1839-1897) dan Muhammad Abduh (1849-1905), meliputi latar belakang, pokok-pokok pemikiran, dan pengaruhnya di Mesir dan terhadap dunia Islam pada umumnya.
b. TURKI---difokuskan pada pembaharuan dan gerakan yang dilakukan oleh Mustafa Kemal al-Taturk (1881-1938), mencakup pengaruh pemikirannya terhadap syari’at Islam dan proses sekularisasi di Turki.
c. INDIA---difokuskan pada pembaharuan pemikiran dan gerakan yang dilakukan oleh Sayyid Ahmad Syahid (1786-1831), meliputi: gerakan, pokok-pokok pemikiran, dan pengaruhnya.
d. ARAB SAUDI----difokuskan pada gerakan yang dilakukan oleh Muhammad bin Abdul Wahhab (1703-1787), meliputi gerakan pemurnian ‘aqidah dan hubungannya dengan politik, dan pengaruhnya baik di Arab Saudi maupun di dunia Islam.

5. Gerakan-gerakan pembaharuan Islam di Indonesia dan pembaharuan yang dilakukan, difokuskan pada:

a. MUHAMMADIYAH dengan tokohnya Ahmad Dahlan.
b. AL-IRSYAD dengan tokohnya Ahmad Surkati.
c. PERSIS dengan tokohnya Ahmad Hassan.




CATATAN:

1. Ujian dilaksanakan hari SABTU, 15 Januari 2011, JAM 14.00 WIB (Siang), RUANG 23.
2. Diharapkan hadir tepat waktu dan mengikuti aturan disiplin ujian.
3. Menyerahkan tugas makalah diskusi kelompok yang sudah diperbaiki (revisi).

Selamat belajar semoga sukses…ojo memble ye?

1 komentar:

  1. Kisi-kisi ini dibuat untuk memudahkan para mahasiswa dalam memfokuskan studinya menghadapi ujian mata kuliah MAZAHIB ISLAMIYAH. Semoga dengan kisi-kisi ini mereka dalam mengantisipasi soal yang akan keluar, yang tidak terlepas dari kelima poin tersebut. Para mahasiswa dapat memperdalam kajiannya dengan berdiskusi bersama teman-teman dalam menelusuri poin-poin penting dalam kaitan dengan persiapan ujian final. Selamat belajar semoga sukses!

    BalasHapus