Rabu, 12 Januari 2011

SEJARAH MASUK ISLAM : KRONOLOGIS

KRONOLOGIS MASUK ISLAM KE ASIA TENGGARA

Sejarah awal Islam dimulai sejak Nabi Muhammad SAW diangkat menjadi rasul pada tahun 611 Masehi, di Makkah kemudian berkerbang di Madinah. Pada masa-masa berikutnya Islam terus berkembang sampai ke berbagai belahan dunia yang disiarkan oleh para ulama, da'i, muballigh. Dan pada umumnya dikembangkan oleh para pedagang Muslim dan guru-guru sufi atau tasawuf.

I. Islam masuk ke kawasan Asia Tenggara melalui kawasan Nusantara, yaitu bagian paling ujung Sumatera, yang terkenal Aceh (tepatnya Samdera Pase). Sebagian sejarawan mengatakan masuknya Islam ke Aceh sejak abad pertama Hijriah atau abad ke-7 Miladiyah; namun, sebagian yang lain menyatakan Islam masuk ke Aceh pada abad ke-12 atau 13 Miladiyah.

II. Kemudian Islam betrkembang ke Pulau Jawa, sekitar abad ke-14. Namun, proses Islamisasi sudah berlangsung sejaka abad-abad ke-12 dan 13.

III. Selanjutnya Islam terus berkembang ke bagian Indonesia bagian Timur khususnya daerah Maluku pada abad ke-14 atau ke-15.

IV. Proses Islamisasi terus berlangsung sampai ke Kalimantan Timur dan Makassar pada abad ke-16.

V. Islam terus mengembangkan sayapnya sampai ke Sulawesi, terutama Gowa dan Tallo pada abad ke-17.

VI. Antara abad-abad ke-16, 17 dan 18, Islam menyebar ke Semenanjung Malaysia, Pattani (Thailand), Filipina, dan Brunei Darussalam.

Syi'ar Islam terus saja berkembang pesat sampai zaman kini, tak pernah henti. Bahkan, bagian benua Amerika dan Eropa sekalipun Islam menjadi agama idola yang menjanjikan masa depan. Tidak sedikit kaum terpelajar di Eropa, Amerika, Jepang, Cina, dan Australia yang memeluk agama Islam sebagai "way of life" mereka. Bahkan, mereka menjadi da'i-da'i yang paling penting untuk kawasan sekuler itu. Bahkan, seorang penulis dari Amerika menulis sebuah buku berjudul: THE WORLD WITHOUT ISLAM, yang sangat menarik untuk masa kini dibaca dan dikaji.

DR. H. Hasan Basri, MA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar