Take
Home Exam:
FAKULTAS
DAKWAH UIN
AR-RANIRY BANDA ACEH
SOAL
MIDTERM TEST SEMESTER GANJIL 2013/2014
MATA KULIAH : ULUMUL QUR`AN
KODE/SKS :
INK/ 1005/ 2 SKS
UNIT :
4b
JURUSAN : BPI
DOSEN :
DR. H. HASAN BASRI, MA
JUMLAH MAHASISWA : 18
ORANG
HARI/TANGGAL : SENIN/ 30 DESEMBER 2013
A.
Petunjuk Mengerjakan Soal
- Tulislah nama, nomor induk (NIM) dan Unit Anda di kertas jawaban masing-masing.
- Bacalah butir-butir soal terlebih dahulu secara cermat sebelum Anda mengerjakannya.
- Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas. Soal terdiri dari dua bahasa: 3 soal dalam bahasa Indonesia; dan 2 soal dalam bahasa Inggris (jawaban dalam bahasa Inggris).
- Soal dalam bahasa Inggris berasal dari teks yang pernah diberikan: “Islamic Values”, “Holy Book”, dan “Life After Death”.
- Pilihlah SATU TIPE SOAL saja di antara 12 TIPE SOAL yang tersedia.
- Utamakan kemampuan Anda sendiri tanpa terpengaruh oleh bisikan teman-teman lain dan hindari copy-paste. Hasil jiplakan atau copy-paste dari teman tidak akan diberi nilai.
7.
Jawaban diketik dengan fon Times
New Roman ukuran 12 dan diketik 1,5 spasi; kertas yang digunakan ukuran A4
(70 gram).
- Jawaban diserahkan dalam bentuk print-out pada SENIN/tanggal 06 JANUARI 2014 di ruang 20 pada jam kuliah.
- Jika ada soal atau pertanyaan yang kurang jelas, dapat ditanyakan langsung kepada dosen yang bersangkutan. Selamat menunaikan tugas! Good luck ... !
B.
Soal-soal:
TIPE - 1:
1)
Al-Qur’an disebut juga dengan
Al-FURQAN. Jelaskan makna al-Furqan dan tulislah satu ayat al-Qur’an
yang menyatakan bahwa al-Qur’an adalah al-Furqan.
2)
Jelaskan
pengertian Uluml Qur’an dan objek pembahasannya.
3)
Sebutkan
dan jelaskan manfaat mempelajari Ulumul Qur’an.
4)
What
must the ideal Muslims do in their life?
5)
What
are the features of men or women with their taqwa?
TIPE - 2:
1)
Nama lain dari al-Qur’an adalah
AN-NUR. Jelaskan makna an-Nur dan tulislah satu ayat al-Qur’an yang
menyatakan bahwa al-Qur’an adalah an-Nur.
2)
Jelaskan
latar belakang dan perkembangan pengumpulan al-Qur’an sejak masa Nabi Muhammad
SAW sampai masa Khulafa`ur Rasyidin.
3)
Mengapa
ayat-ayat al-Qur’an diturunkan secara gradual (berangsur-angsur); tidak
sekaligus.
4)
What
is the meaning of taqwa?
5)
Why
do Muslims do good deeds in their life?
TIPE - 3:
1)
Al-Qur’an dinamakan juga dengan
AZ-ZIKR. Jelaskan makna az-Zikr dan tulislah satu ayat al-Qur’an yang
menyatakan bahwa al-Qur’an adalah az-Zikr.
2)
Al-Qur’an merupakan al-Mu’jizah
al-Khalidah. Kemukakan 3 (tiga) pendapat Anda mengapa al-Qur’an dikatakan
sebagai al-Mu’jizah al-Khalidah?
3)
Jelaskan
makna dan fungsi Asbabun Nuzul dalam memahami ayat-ayat al-Qur’an.
4)
Is
there any life after death? Give your arguments!
5)
The
Holy Qur`an is the main guidance and way of life for Muslims. Explain this
statement by your arguments!
TIPE - 4:
1)
Nama lain dari al-Qur’an adalah
ASY-SYIFA’. Jelaskan makna asy-Syifa’ dan tulislah satu ayat al-Qur’an yang
menyatakan bahwa al-Qur’an adalah asy-Syifa’.
2)
Pedoman hidup orang bertaqwa (Muttaqin)
adalah al-Qur’an. Jelaskan pandangan Anda bagaimana cara mengaplikasikan
pesan-pesan al-Qur’an dalam kehidupan sebagai pedoman hidup (way of life).
3)
Terangkan
definisi Munasabah baik secara lughawi maupun isthilahi serta sebutkan
dua contoh dari ayat al-Qur’an (munasabah surat dengan surat; dan munasabah
ayat dengan ayat).
4)
Where
is the longest life after we die?
5)
What
are the creteria of believers and unbelievers according to the Qur`an?
TIPE - 5:
1)
Al-Qur’an dikatakan juga sebagai
AL-KITAB. Jelaskan makna al-Kitab dan tulislah satu ayat al-Qur’an yang
menyatakan bahwa al-Qur’an adalah al-Kitab.
2)
Manusia diciptakan mempunyai tugas
pokok yang harus dijalankannya dalam kehidupan ini. Sebutkan tugas pokok
manusia dan tulislah dalil dari ayat al-Qur’an untuk menopang argumentasi Anda.
3)
Jelaskan
perbedaan antara Munasabah dan Asbabun Nuzul beserta contoh
keduanya.
4)
Where
do we live eternally after death?
5)
What
are the diseases of heart? Mention them!
TIPE - 6:
1)
Sebutan lain untuk al-Qur’an adalah
AL-BAYAN. Jelaskan makna al-Bayan dan tulislah satu ayat al-Qur’an yang
menyatakan bahwa al-Qur’an adalah al-Bayan.
2)
Jelaskan
urgensi Ilmu Munasabah dalam menafsirkan ayat-ayat al-Qur’an.
3)
Sebutkan
hikmah pengumpulan Mushhaf al-Qur’an pada masa Khalifah Abu Bakar
ash-Shiddiq.
4)
What
is the fundamental role of religion related to healthy mentality and attitude?
5)
As
a Muslim, what kinds of activities must be developed in every day life?
TIPE - 7:
1)
Nama lain untuk al-Qur’an adalah
AL-HUDA. Jelaskan makna al-Huda dan
tulislah satu ayat al-Qur’an yang menyatakan bahwa al-Qur’an adalah al-Huda.
2) Sebutkan
dan jelaskan perbedaan antara ayat-ayat Makkiyah dan Madaniyah
beserta contohnya masing-masing.
3) Jelaskan
perbedaan sikap ulama Khalaf dan Salaf tentang ayat-ayat Mutasyabihat
beserta argumentasi masing-masing.
4)
What are the benefits of the Qu`anic recital?
5)
How can the Muslims apply the teachings of the Holy Qur`an in their daily life?
TIPE - 8:
1)
Al-Qur’an disebut juga dengan
AL-BAYYINAT. Jelaskan makna al-Bayyinat dan tulislah satu ayat al-Qur’an yang
menyatakan bahwa al-Qur’an adalah al-Bayyinat.
2)
Pada
masa Khalifah Utsman bin ‘Affan dilakukan penulisan kembali mushhaf al-Qur’an. Kemukakan
latar belakang dan alasan kodifikasi Mushhaf al-Qur’an ‘Ala Rasmil ‘Utsmani.
3)
Jelaskan
makna Nasikh dan Mansukh baik secara lughawi maupun isthilahi
beserta contoh ayat yang sudah di-Mansukh dan ayat yang menjadi Nasikh.
4) Where is
the longest life after we die?
5) What
are the creteria of believers and unbelievers according to the Qur`an?
TIPE - 9:
1)
Nama lain dari al-Qur’an adalah
AR-RAHMAH. Jelaskan makna arl-Rahmah dan tulislah satu ayat al-Qur’an yang
menyatakan bahwa al-Qur’an adalah ar-Rahmah.
2) Jelaskan hikmah kodifikasi Mushhaf al-Qur’an ‘Ala
Rasmil ‘Utsmani dan ke negara mana saja mushhaf-mushhaf tersebut dikirim.
3) Sebutkan macam-macam dan segi-segi I’jazil
Qur`an beserta contohnya masing-masing.
4) Is there any life after death? Give your
arguments!
5) The Holy Qur`an
is the main guidance and way of life for Muslims. Explain this statement by
your arguments!
TIPE - 10:
1)
Al-Qur’an dinamakan juga dengan
AL-MAU’IZHAH. Jelaskan makna al-Mau’izhah dan tulislah satu ayat
al-Qur’an yang menyatakan bahwa al-Qur’an adalah al-Mau’izhah.
2) Sebutkan pembagian
(klasifikasi) Asbabun Nuzul Ayat beserta contohnya.
3) Jelaskan perbedaan antara Nasikh dan Takhshish beserta contohnya
dari ayat al-Qur’an.
4) What
is the meaning of taqwa?
5) Why do Muslims do good deeds in their life?
TIPE - 11:
1)
Sebutan lain untuk al-Qur’an adalah
AL-BUSYRA. Jelaskan makna al-Busyra dan tulislah satu ayat al-Qur’an
yang menyatakan bahwa al-Qur’an adalah al-Busyra.
2) Sumpah
Allah dalam al-Qur`an ada tujuannya. Jelaskan pengertian Aqsamil Qur`an beserta
unsur-unsurnya dan hikmahnya.
3) Dalam
al-Qur`an terdapat ayat-ayat Mansukh; namun tidak semua ulama sepakat
tentang adanya ayat-ayat Mansukh tersebut. Jelaskan perbedaan pendapat
ulama tentang ayat-ayat Mansukh.
4) What
must the ideal Muslims do in their life?
5) What are the features of men or women with
their taqwa?
TIPE - 12:
1)
Al-Qur’an dinamakan juga dengan
AT-TIBYAN. Jelaskan makna at-Tibyan dan tulislah satu ayat al-Qur’an
yang menyatakan bahwa al-Qur’an adalah at-Tibyan.
2) Dalam
al-Qur`an terdapat perumpamaan-perumpamaan (al-Amtsal) yang mengandung
makna penting bagi manusia. Uraikan tentang hikmah Amtsalil Qur`an bagi
orang beriman.
3) Sebutkan
macam-macam Qashashil Qur`an dan hikmahnya bagi kehidupan manusia.
4)
What are the benefits of the Qu`anic recital?
5)
How can the Muslims apply the teachings of the Holy Qur`an in their daily life?
Banda Aceh, 30 Desember 2013
Dosen Pengasuh
TTD
DR. H. HASAN BASRI, MA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar