Take Home Exam:
FAKULTAS
TARBIYAH UIN AR-RANIRY BANDA ACEH
SOAL
MIDTERM TEST SEMESTER GANJIL 2013/2014
_________________________________________
MATA
KULIAH : TAFSIR III
KODE/SKS : TPA 5802/ 3 SKS
UNIT
: 1 dan 2
DOSEN : DR. H.
HASAN BASRI, MA
HARI/TANGGAL :
JUM’AT/ 20 DESEMBER 2013
_________________________________________
A.
Petunjuk Mengerjakan Soal
1. Tulislah
nama dan nomor induk (NIM) Anda di kertas jawaban masing-masing.
2. Bacalah
butir-butir soal terlebih dahulu secara cermat sebelum Anda mengerjakannya.
3. Jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan kerjakan yang dianggap
paling mudah terlebih dahulu.
4. Utamakan
kemampuan Anda sendiri tanpa terpengaruh oleh bisikan teman-teman lain dan
hindari copy and paste. Jawaban dari hasil jiplakan (copy-paste) tidak akan
diberi nilai.
5. Jawaban
diketik dengan fon Times New Roman ukuran 12 dan diketik 1,5 spasi; kertas yang
digunakan ukuran A4 (70 gram).
6. Pilihlah
salah satu MODEL SOAL (Model A atau B) yang Anda sukai.
7. Jawaban
diserahkan pada hari SELASA, tanggal 24 DESEMBER 2013 (bagi Unit 2) dan RABU,
tanggal 25 DESEMBER 2013 (bagi Unit 1) di ruang ruang 21 pada jam kuliah.
B. Soal
Midterm Test [MODEL-A]
1. Jelaskan
makna kata-kata di bawah ini baik secara lughawi maupun isthilahi:
a.
al-Nikah
b.
al-Hajj
2. Jelaskan
apa yang dimaksud dengan al-Tahrim a-Juz’i dan al-Tahrim al-Kulli,
yang berkenaan dengan al-Riba, dalam ayat-ayat di bawah ini (tuliskan
bagian yang mana dari ayat tersebut); dan sebutkan tahap-tahap pengharaman riba
beserta ayatnya masing-masing:
يَآأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ وَذَرُوا مَابَقِيَ مِنَ
الرِّبَا إِن كُنتُم مُّؤْمِنِينَ
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا لاَ تَأْكُلُوا الرِّبَا أَضْعَافًا
مُّضَاعَفَةً وَاتَّقُوا اللهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
3.
Jelaskan perbedaan hukuman bagi pelaku zina Muhshan dan Ghairu Muhsan
dan pengaruh positif terhadap pendidikan sosial.
4.
Jelaskan makna dan maksud kata-kata di bawah ini, yang berkaitan dengan makanan
yang diharamkan dalam al-Qur’an:
a. الْمُنْخَنِقَةُ
b. الْمَوْقُوذَةُ
c. النَّطِيحَةُ
d. مَآأَكَلَ السَّبُعُ إِلاَّ مَاذَكَّيْتُمْ
e. لَحْمُ الْخِنزِيرِ
5. Apa
makna أم الخبائث dan jelaskan mengapa al-Khamr oleh Rasulullah disebut dengan: أم الخبائث (Ummul Khaba’its)?
Kemudian sebutkan contoh-contoh bahaya yang ditimbulkan akibat minuman khamar.
6. Tafsirkan
ayat 11 – 12 surat al-Hujurat dengan menempuh MANHAJ TAFSIR berikut ini:
1) Teks
Ayat
2) Tarjamah
al-Ayat
3) Makna
Ijmali
4) Pengertian
Istilah
5) Asbab
al-Nuzul
6) Tafsir
al-Ayat
• Dapat diperkaya dengan ayat-ayat lain yang ada hubungannya
• Dapat ditambah hadits-hadits sebagai pendukung penjelas ayat
• Dapat dimasukkan pendapat-pendapat ulama yang relevan
7) Kesimpulan:
Relevansinya dengan Pendidikan Islam
C. Soal Midterm Test [MODEL-B]
1. Jelaskan
makna kata-kata di bawah ini baik secara lughawi maupun isthilahi:
a.
al-Khamr
b.
al-Maysir
2.
Jelaskan makna dan maksud kata-kata di bawah ini, yang berkaitan dengan makanan
yang diharamkan dalam al-Qur’an:
a. الْمَيْتَةُ
b. الْمُتَرَدِّيَةُ
c. مَاذُبِحَ عَلَى النُّصُبِ
d. مَآأُهِلَّ لِغَيْرِ اللهِ بِهِ
e. الدَّمُ
3. Jelaskan
apa yang dimaksud dengan al-Tahrim a-Juz’i dan al-Tahrim al-Kulli,
yang berkaitan dengan al-Khamr dan al-Maysir, dalam ayat-ayat di
bawah ini (tuliskan yang mana saja dari ayat tersebut); dan sebutkan
tahap-tahap pengharaman khamar beserta ayatnya masing-masing:
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءاَمَنُوا إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَاْلأَنصَابُ
وَاْلأَزْلاَمُ رِجْسُ مِّنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ فَاجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا لاَتَقْرَبُوا الصَّلاَةَ وَأَنتُمْ سُكَارَى
حَتَّى تَعْلَمُوا مَاتَقُولُونَ
4.
Tafsirkan ayat di bawah ini dalam kaitannya dengan makanan halal dan sebutkan
dampak negatif akibat memakan makanan haram:
يَاأَيُّهاَ النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِي اْلأَرْضِ حَلاَلاً طَيِّبًا وَلاَ
تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ
5.
Jelaskan pengertian Qadzaf dan Li’an serta hubungan keduanya; dan
kemukakan ayat al-Qur’an sebagai dalilnya.
6. Tafsirkan
ayat 35 – 36 surat al-Ahzab dengan menempuh MANHAJ TAFSIR berikut ini:
1) Teks
Ayat
2) Tarjamah
al-Ayat
3) Makna
Ijmali
4) Pengertian
Istilah
5) Asbab
al-Nuzul
6) Tafsir
al-Ayat
• Dapat diperkaya dengan ayat-ayat lain yang ada hubungannya
• Dapat ditambah hadits-hadits sebagai pendukung penjelas ayat
• Dapat dimasukkan pendapat-pendapat ulama/mufassir yang relevan
7) Kesimpulan:
Relevansinya dengan Pendidikan Islam
Banda
Aceh, 20 DESEMBER 2013
Be
the best, be the smartest ... !!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar