Selasa, 07 Mei 2013

SOAL UJIAN MIDTERM TEST TAFSIR-II: UNIT 3 /2013



TAKEN HOME EXAMINATION

SOAL MIDTERM TEST TAFSIR-II
FAKULTAS TARBIYAH IAIN AR-RANIRY, BANDA ACEH

MATA KULIAH                   : MATERI TAFSIR-II
KODE/SKS                           : TPA 4803/ 2 SKS
HARI/UNIT                          : SELASA/ 3
RUANG                                : 21 (Gedung B)
DOSEN                                 : DR. H. HASAN BASRI, MA
______________________________________________________________________________

NAMA  : ………………………………..................................
N I M     : ………………………………..................................
______________________________________________________________________________

A. Petunjuk Mengerjakan Soal

1. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan jelas dan sesuai dengan perintah dalam setiap butir soal.
2. Pilihlah 1 (satu) soal saja dari 12 (dua belas) butir soal yang tersedia, yang dianggap lebih mudah.
3. Setiap soal mempunyai bobot nilai 100 (ekuivalen 25) dengan bobot nilai yang diperlukan maksimal 25 % dari 100.
4. Jawaban diketik pada kertas A4 dengan Times New Roman, dan besar fon 12; dan 1,5 spasi.
5. Ujian dikerjakan secara individual, tanpa menyontek dan copy-paste; jika terdapat jawaban yang sama persis maka tidak diberi nilai.
6. Jawaban diserahkan/dikumpulkan pada hari SELASA, tanggal 14 MEI 2013 via Ketua Kelas, Agus Riza.


B. Soal-Soal:

1.    Tafsirkan ayat 172 surat al-A’raf dan ayat 30 surat al-Rum dengan manhaj tafsir sebagai berikut:

1)            Tarjamah al-Ayat (ke dalam bahasa Indonesia)
2)            Ma’na al-Mufradat (kata-kata tertentu dalam ayat tersebut).
3)            Asbab al-Nuzul  (jika ada).
4)            Tafsir al-Ayat (tulis teks ayat masing-masing).
5)            Munasabah  Ayat bi al-Ayat (tulis teks ayat).
6)            Munasabah al-Ayat bi al-Hadits (tulis teks hadits).
7)            Hikmah al-Tasyri’:
a.            Kapan pendidikan ‘aqidah dimulai.
b.            Apa saja unsur-unsur pendidikan ‘aqidah.
c.             Bagaimana metode pendidikan ‘aqidah.

2.    Tafsirkan ayat 78 surat al-Nahl dan ayat 36 surat al-Isra’ dengan manhaj tafsir sebagai berikut:

1)            Tarjamah al-Ayat (ke dalam bahasa Indonesia)
2)            Ma’na al-Mufradat (kata-kata tertentu dalam ayat tersebut).
3)            Asbab al-Nuzul (jika ada).
4)            Tafsir al-Ayat (tulis teks ayat masing-masing).
5)            Munasabah  Ayat bi al-Ayat (tulis teks ayat).
6)            Munasabah al-Ayat bi al-Hadits (tulis teks hadits).
7)            Hikmah al-Tasyri’:
a. Apa saja potensi yang dianugerahkan Allah kepada manusia.
b. Apa tujuan diberikan potensi tersebut kepada manusia.
c. Bagaimana pertanggungjawabannya di hari Akhirat nanti.
3. Tafsirkan ayat 122 surat al-Taubah dan ayat 2 surat al-Jumu’ah dengan manhaj tafsir sebagai berikut:
1)            Tarjamah al-Ayat (ke dalam bahasa Indonesia)
2)            Ma’na al-Mufradat (kata-kata tertentu dalam ayat tersebut).
3)            Asbab al-Nuzul (jika ada).
4)            Tafsir al-Ayat (tulis teks ayat masing-masing).
5)            Munasabah  Ayat bi al-Ayat (tulis teks ayat).
6)            Munasabah al-Ayat bi al-Hadits (tulis teks hadits).
7)            Hikmah al-Tasyri’:
a.Apa tujuan belajar menurut ayat tersebut.
b.Apa tugas intelektual dalam kehidupan sosial.
c.Mengapa menuntut ilmu agama sangat penting dalam Islam.

4.            Tafsirkan ayat 190-191 surat Ali ‘Imran dan ayat 17-20 surat al-Ghasyiyah dengan manhaj tafsir sebagai berikut:

1)            Tarjamah al-Ayat (ke dalam bahasa Indonesia)
2)            Ma’na al-Mufradat (kata-kata tertentu dalam ayat tersebut).
3)            Asbab al-Nuzul (jika ada).
4)            Tafsir al-Ayat (tulis teks ayat masing-masing).
5)            Munasabah  Ayat bi al-Ayat (tulis teks ayat).
6)            Munasabah al-Ayat bi al-Hadits (tulis teks hadits).
7)            Hikmah al-Tasyri’:
a.Mengapa Allah mendorong Ulul Albab untuk berpikir tentang alam dan berzikir.
b.Bagaimana sikap Ulul Albab ketika memandang keindahan fenomena alam.
c.Sebutkan tugas-tugas Ulul Albab menurut ayat tersebut.

5.            Tafsirkan ayat 148 surat al-Baqarah dan ayat 114-115 surat Ali ‘Imran dengan manhaj tafsir sebagai berikut:

1)            Tarjamah al-Ayat (ke dalam bahasa Indonesia)
2)            Ma’na al-Mufradat (kata-kata tertentu dalam ayat tersebut).
3)            Asbab al-Nuzul (jika ada).
4)            Tafsir al-Ayat (tulis teks ayat masing-masing).
5)            Munasabah  Ayat bi al-Ayat (tulis teks ayat).
6)            Munasabah al-Ayat bi al-Hadits (tulis teks hadits).
7)            Hikmah al-Tasyri’:
a.            Mengapa umat Islam diperintahkan berlomba-lomba berbuat kebaikan.
b.            Bagaimana cara mendorong manusia berbuat kebaikan dalam kehidupan.
c.             Apa manfaat kebaikan bagi kehidupan individu, keluarga, dan sosial.

6.            Tafsirkan ayat 155 surat al-A’raf dan ayat 41 surat al-Rum dengan manhaj tafsir sebagai berikut:

1)            Tarjamah al-Ayat (ke dalam bahasa Indonesia)
2)            Ma’na al-Mufradat (kata-kata tertentu dalam ayat tersebut).
3)            Asbab al-Nuzul (jika ada).
4)            Tafsir al-Ayat (tulis teks ayat masing-masing).
5)            Munasabah  Ayat bi al-Ayat (tulis teks ayat).
6)            Munasabah al-Ayat bi al-Hadits (tulis teks hadits).
7)            Hikmah al-Tasyri’:
a.Apa hubungan pendidikan Islam dengan kepedulian terhadap lingkungan.
b.Bagaimana cara melestarikan lingkungan hidup.
c.Jelaskan sebab dan akibat kerusakan lingkungan hidup.

7.            Tafsirkan ayat 5-6 surat al-Najm dan ayat 43-44 surat al-Nahl dengan manhaj tafsir sebagai berikut:
1)            Tarjamah al-Ayat (ke dalam bahasa Indonesia)
2)            Ma’na al-Mufradat (kata-kata tertentu dalam ayat tersebut).
3)            Asbab al-Nuzul (jika ada).
4)            Tafsir al-Ayat (tulis teks ayat masing-masing).
5)            Munasabah  Ayat bi al-Ayat (tulis teks ayat).
6)            Munasabah al-Ayat bi al-Hadits (tulis teks hadits).
7)            Hikmah al-Tasyri’:
a.            Apa hubungan pendidikan Islam dengan kepedulian terhadap lingkungan.
b.            Bagaimana cara melestarikan lingkungan hidup.
c.             Jelaskan sebab dan akibat kerusakan lingkungan hidup.

8.            Tafsirkan ayat 14-15 surat Luqman dan ayat 23-25 surat al-Isra’ dengan manhaj tafsir sebagai berikut:

1)            Tarjamah al-Ayat (ke dalam bahasa Indonesia)
2)            Ma’na al-Mufradat (kata-kata tertentu dalam ayat tersebut).
3)            Asbab al-Nuzul (jika ada).
4)            Tafsir al-Ayat (tulis teks ayat masing-masing).
5)            Munasabah  Ayat bi al-Ayat (tulis teks ayat).
6)            Munasabah al-Ayat bi al-Hadits (tulis teks hadits).
7)            Hikmah al-Tasyri’:
a.            Sebutkan unsur-unsur pendidikan dalam ayat tersebut.
b.            Bagaimana cara berbakti kepada kedua orangtua.
c.             Bagaimana sikap seorang anak terhadap orangtua yang musyrik.

9.            Tafsirkan ayat 6 dan 8 surat al-Tahrim dan ayat 214 surat al-Syu’ara’ dengan manhaj tafsir sebagai berikut:

1)            Tarjamah al-Ayat (ke dalam bahasa Indonesia)
2)            Ma’na al-Mufradat (kata-kata tertentu dalam ayat tersebut).
3)            Asbab al-Nuzul (jika ada).
4)            Tafsir al-Ayat (tulis teks ayat masing-masing).
5)            Munasabah  Ayat bi al-Ayat (tulis teks ayat).
6)            Munasabah al-Ayat bi al-Hadits (tulis teks hadits).
7)            Hikmah al-Tasyri’:
a.            Mengapa pendidikan keluarga sangat diutamakan.
b. Mengapa orang beriman diperintahkan bertobat.
c. Sebutkan manfaat tobat menurut surat al-Tahrim ayat 8.

10.          Tafsirkan ayat 1-16 surat ‘Abasa dan ayat 7 surat al-Anbiya’ dengan manhaj tafsir sebagai berikut:

1)            Tarjamah al-Ayat (ke dalam bahasa Indonesia)
2)            Ma’na al-Mufradat (kata-kata tertentu dalam ayat tersebut).
3)            Asbab al-Nuzul (jika ada).
4)            Tafsir al-Ayat (tulis teks ayat masing-masing).
5)            Munasabah  Ayat bi al-Ayat (tulis teks ayat).
6)            Munasabah al-Ayat bi al-Hadits (tulis teks hadits).
7)            Hikmah al-Tasyri’:
a. Jelaskan bentuk hubungan murid dan guru menurut ayat-ayat tersebut.
b. Mengapa Nabi Muhammad ditegur oleh Allah dalam kaitan dengan pembelajaran.
c. Apa manfaat bertanya dalam proses pembelajaran.

11.          Tafsirkan ayat 159 surat Ali ‘Imran dan ayat 59, 144 surat al-Nisa’ dengan manhaj tafsir sebagai berikut:

1)            Tarjamah al-Ayat (ke dalam bahasa Indonesia)
2)            Ma’na al-Mufradat (kata-kata tertentu dalam ayat tersebut).
3)            Asbab al-Nuzul (jika ada).
4)            Tafsir al-Ayat (tulis teks ayat masing-masing).
5)            Munasabah  Ayat bi al-Ayat (tulis teks ayat).
6)            Munasabah al-Ayat bi al-Hadits (tulis teks hadits).
7)            Hikmah al-Tasyri’:
a. Sebutkan sifat-sifat terpuji seorang pemimpin menurut ayat 159 Ali Imran.
b. Sebutkan kriteria ideal seorang pemimpin dalam Islam.
c. Bagaimana sikap seorang Muslim dalam memilih pemimpin.

12.          Tafsirkan ayat 31-33 surat al-Baqarah dan ayat 79-80 surat al-Anbiya’ dengan manhaj tafsir sebagai berikut:

1)            Tarjamah al-Ayat (ke dalam bahasa Indonesia)
2)            Ma’na al-Mufradat (kata-kata tertentu dalam ayat tersebut).
3)            Asbab al-Nuzul (jika ada).
4)            Tafsir al-Ayat (tulis teks ayat masing-masing).
5)            Munasabah  Ayat bi al-Ayat (tulis teks ayat).
6)            Munasabah al-Ayat bi al-Hadits (tulis teks hadits).
7)            Hikmah al-Tasyri’.

a.            Jelaskan bagaimana proses terjadinya transfer ilmu.
b.            Sebutkan ciri-ciri orang berilmu menurut ayat-ayat di atas.
c.             Apa kelebihan manusia dibandingkan dengan Malaikat.

Selamat menjalankan tugas…!
Good luck…!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar