TAKEN
HOME EXAMINATION
SOAL
MIDTERM TEST TAFSIR-II
FAKULTAS
TARBIYAH IAIN AR-RANIRY, BANDA ACEH
MATA KULIAH :
MATERI TAFSIR-II
KODE/SKS :
TPA 4803/ 2 SKS
HARI/UNIT :
SELASA/ 3
RUANG :
21 (Gedung B)
DOSEN :
DR. H. HASAN BASRI, MA
______________________________________________________________________________
NAMA : ………………………………..................................
N I M :
………………………………..................................
______________________________________________________________________________
A. Petunjuk Mengerjakan Soal
1. Jawablah pertanyaan-pertanyaan
berikut ini dengan jelas dan sesuai dengan perintah dalam setiap butir soal.
2. Pilihlah 1 (satu) soal saja
dari 12 (dua belas) butir soal yang tersedia, yang dianggap lebih mudah.
3. Setiap soal mempunyai bobot
nilai 100 (ekuivalen 25) dengan bobot nilai yang diperlukan maksimal 25 % dari
100.
4. Jawaban diketik pada kertas A4
dengan Times New Roman, dan besar fon 12; dan 1,5 spasi.
5. Ujian dikerjakan secara
individual, tanpa menyontek dan copy-paste; jika terdapat jawaban yang sama persis
maka tidak diberi nilai.
6. Jawaban diserahkan/dikumpulkan
pada hari SELASA, tanggal 14 MEI 2013 via Ketua Kelas, Agus Riza.
B. Soal-Soal:
1. Tafsirkan ayat 172 surat al-A’raf dan ayat 30 surat al-Rum
dengan manhaj tafsir sebagai berikut:
1) Tarjamah
al-Ayat (ke dalam bahasa Indonesia)
2) Ma’na
al-Mufradat (kata-kata tertentu dalam ayat tersebut).
3) Asbab
al-Nuzul (jika ada).
4) Tafsir
al-Ayat (tulis teks ayat masing-masing).
5) Munasabah Ayat bi al-Ayat (tulis teks ayat).
6) Munasabah
al-Ayat bi al-Hadits (tulis teks hadits).
7) Hikmah
al-Tasyri’:
a. Kapan
pendidikan ‘aqidah dimulai.
b. Apa saja
unsur-unsur pendidikan ‘aqidah.
c. Bagaimana
metode pendidikan ‘aqidah.
2. Tafsirkan ayat 78 surat al-Nahl dan ayat 36 surat al-Isra’
dengan manhaj tafsir sebagai berikut:
1) Tarjamah
al-Ayat (ke dalam bahasa Indonesia)
2) Ma’na
al-Mufradat (kata-kata tertentu dalam ayat tersebut).
3) Asbab
al-Nuzul (jika ada).
4) Tafsir
al-Ayat (tulis teks ayat masing-masing).
5) Munasabah Ayat bi al-Ayat (tulis teks ayat).
6) Munasabah
al-Ayat bi al-Hadits (tulis teks hadits).
7) Hikmah
al-Tasyri’:
a. Apa saja potensi yang dianugerahkan Allah kepada manusia.
b. Apa tujuan diberikan potensi tersebut kepada manusia.
c. Bagaimana pertanggungjawabannya di hari Akhirat nanti.
3. Tafsirkan ayat 122 surat al-Taubah dan ayat 2 surat
al-Jumu’ah dengan manhaj tafsir sebagai berikut:
1) Tarjamah
al-Ayat (ke dalam bahasa Indonesia)
2) Ma’na
al-Mufradat (kata-kata tertentu dalam ayat tersebut).
3) Asbab
al-Nuzul (jika ada).
4) Tafsir
al-Ayat (tulis teks ayat masing-masing).
5) Munasabah Ayat bi al-Ayat (tulis teks ayat).
6) Munasabah
al-Ayat bi al-Hadits (tulis teks hadits).
7) Hikmah
al-Tasyri’:
a.Apa tujuan belajar menurut ayat tersebut.
b.Apa tugas intelektual dalam kehidupan sosial.
c.Mengapa menuntut ilmu agama sangat penting dalam Islam.
4. Tafsirkan
ayat 190-191 surat Ali ‘Imran dan ayat 17-20 surat al-Ghasyiyah dengan manhaj
tafsir sebagai berikut:
1) Tarjamah
al-Ayat (ke dalam bahasa Indonesia)
2) Ma’na
al-Mufradat (kata-kata tertentu dalam ayat tersebut).
3) Asbab
al-Nuzul (jika ada).
4) Tafsir
al-Ayat (tulis teks ayat masing-masing).
5) Munasabah Ayat bi al-Ayat (tulis teks ayat).
6) Munasabah
al-Ayat bi al-Hadits (tulis teks hadits).
7) Hikmah
al-Tasyri’:
a.Mengapa Allah mendorong Ulul Albab untuk berpikir tentang
alam dan berzikir.
b.Bagaimana sikap Ulul Albab ketika memandang keindahan
fenomena alam.
c.Sebutkan tugas-tugas Ulul Albab menurut ayat tersebut.
5. Tafsirkan
ayat 148 surat al-Baqarah dan ayat 114-115 surat Ali ‘Imran dengan manhaj
tafsir sebagai berikut:
1) Tarjamah al-Ayat
(ke dalam bahasa Indonesia)
2) Ma’na
al-Mufradat (kata-kata tertentu dalam ayat tersebut).
3) Asbab
al-Nuzul (jika ada).
4) Tafsir
al-Ayat (tulis teks ayat masing-masing).
5) Munasabah Ayat bi al-Ayat (tulis teks ayat).
6) Munasabah
al-Ayat bi al-Hadits (tulis teks hadits).
7) Hikmah
al-Tasyri’:
a. Mengapa umat Islam diperintahkan berlomba-lomba berbuat
kebaikan.
b. Bagaimana
cara mendorong manusia berbuat kebaikan dalam kehidupan.
c. Apa
manfaat kebaikan bagi kehidupan individu, keluarga, dan sosial.
6. Tafsirkan
ayat 155 surat al-A’raf dan ayat 41 surat al-Rum dengan manhaj tafsir sebagai
berikut:
1) Tarjamah
al-Ayat (ke dalam bahasa Indonesia)
2) Ma’na
al-Mufradat (kata-kata tertentu dalam ayat tersebut).
3) Asbab
al-Nuzul (jika ada).
4) Tafsir
al-Ayat (tulis teks ayat masing-masing).
5) Munasabah Ayat bi al-Ayat (tulis teks ayat).
6) Munasabah
al-Ayat bi al-Hadits (tulis teks hadits).
7) Hikmah
al-Tasyri’:
a.Apa hubungan pendidikan Islam dengan kepedulian terhadap
lingkungan.
b.Bagaimana cara melestarikan lingkungan hidup.
c.Jelaskan sebab dan akibat kerusakan lingkungan hidup.
7. Tafsirkan
ayat 5-6 surat al-Najm dan ayat 43-44 surat al-Nahl dengan manhaj tafsir
sebagai berikut:
1) Tarjamah
al-Ayat (ke dalam bahasa Indonesia)
2) Ma’na
al-Mufradat (kata-kata tertentu dalam ayat tersebut).
3) Asbab
al-Nuzul (jika ada).
4) Tafsir
al-Ayat (tulis teks ayat masing-masing).
5) Munasabah Ayat bi al-Ayat (tulis teks ayat).
6) Munasabah
al-Ayat bi al-Hadits (tulis teks hadits).
7) Hikmah
al-Tasyri’:
a. Apa
hubungan pendidikan Islam dengan kepedulian terhadap lingkungan.
b. Bagaimana
cara melestarikan lingkungan hidup.
c. Jelaskan
sebab dan akibat kerusakan lingkungan hidup.
8. Tafsirkan
ayat 14-15 surat Luqman dan ayat 23-25 surat al-Isra’ dengan manhaj tafsir
sebagai berikut:
1) Tarjamah
al-Ayat (ke dalam bahasa Indonesia)
2) Ma’na
al-Mufradat (kata-kata tertentu dalam ayat tersebut).
3) Asbab
al-Nuzul (jika ada).
4) Tafsir
al-Ayat (tulis teks ayat masing-masing).
5) Munasabah Ayat bi al-Ayat (tulis teks ayat).
6) Munasabah
al-Ayat bi al-Hadits (tulis teks hadits).
7) Hikmah
al-Tasyri’:
a. Sebutkan
unsur-unsur pendidikan dalam ayat tersebut.
b. Bagaimana
cara berbakti kepada kedua orangtua.
c. Bagaimana
sikap seorang anak terhadap orangtua yang musyrik.
9. Tafsirkan
ayat 6 dan 8 surat al-Tahrim dan ayat 214 surat al-Syu’ara’ dengan manhaj
tafsir sebagai berikut:
1) Tarjamah
al-Ayat (ke dalam bahasa Indonesia)
2) Ma’na
al-Mufradat (kata-kata tertentu dalam ayat tersebut).
3) Asbab
al-Nuzul (jika ada).
4) Tafsir
al-Ayat (tulis teks ayat masing-masing).
5) Munasabah Ayat bi al-Ayat (tulis teks ayat).
6) Munasabah
al-Ayat bi al-Hadits (tulis teks hadits).
7) Hikmah
al-Tasyri’:
a. Mengapa
pendidikan keluarga sangat diutamakan.
b. Mengapa orang beriman diperintahkan bertobat.
c. Sebutkan manfaat tobat menurut surat al-Tahrim ayat 8.
10. Tafsirkan
ayat 1-16 surat ‘Abasa dan ayat 7 surat al-Anbiya’ dengan manhaj tafsir sebagai
berikut:
1) Tarjamah
al-Ayat (ke dalam bahasa Indonesia)
2) Ma’na
al-Mufradat (kata-kata tertentu dalam ayat tersebut).
3) Asbab
al-Nuzul (jika ada).
4) Tafsir
al-Ayat (tulis teks ayat masing-masing).
5) Munasabah Ayat bi al-Ayat (tulis teks ayat).
6) Munasabah
al-Ayat bi al-Hadits (tulis teks hadits).
7) Hikmah
al-Tasyri’:
a. Jelaskan bentuk hubungan murid dan guru menurut ayat-ayat
tersebut.
b. Mengapa Nabi Muhammad ditegur oleh Allah dalam kaitan
dengan pembelajaran.
c. Apa manfaat bertanya dalam proses pembelajaran.
11. Tafsirkan
ayat 159 surat Ali ‘Imran dan ayat 59, 144 surat al-Nisa’ dengan manhaj tafsir
sebagai berikut:
1) Tarjamah
al-Ayat (ke dalam bahasa Indonesia)
2) Ma’na
al-Mufradat (kata-kata tertentu dalam ayat tersebut).
3) Asbab al-Nuzul
(jika ada).
4) Tafsir
al-Ayat (tulis teks ayat masing-masing).
5) Munasabah Ayat bi al-Ayat (tulis teks ayat).
6) Munasabah
al-Ayat bi al-Hadits (tulis teks hadits).
7) Hikmah
al-Tasyri’:
a. Sebutkan sifat-sifat terpuji seorang pemimpin menurut ayat
159 Ali Imran.
b. Sebutkan kriteria ideal seorang pemimpin dalam Islam.
c. Bagaimana sikap seorang Muslim dalam memilih pemimpin.
12. Tafsirkan
ayat 31-33 surat al-Baqarah dan ayat 79-80 surat al-Anbiya’ dengan manhaj
tafsir sebagai berikut:
1) Tarjamah
al-Ayat (ke dalam bahasa Indonesia)
2) Ma’na
al-Mufradat (kata-kata tertentu dalam ayat tersebut).
3) Asbab
al-Nuzul (jika ada).
4) Tafsir
al-Ayat (tulis teks ayat masing-masing).
5) Munasabah Ayat bi al-Ayat (tulis teks ayat).
6) Munasabah
al-Ayat bi al-Hadits (tulis teks hadits).
7) Hikmah
al-Tasyri’.
a. Jelaskan
bagaimana proses terjadinya transfer ilmu.
b. Sebutkan
ciri-ciri orang berilmu menurut ayat-ayat di atas.
c. Apa
kelebihan manusia dibandingkan dengan Malaikat.
Selamat menjalankan tugas…!
Good luck…!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar