Take Home Exam:
FAKULTAS TARBIYAH IAIN AR-RANIRY BANDA ACEH
SOAL MIDTERM TEST SEMESTER GANJIL 2012/2013
_________________________________________
MATA KULIAH :
TAFSIR III
KODE/SKS :
TPA 5802/ 3 SKS
UNIT : 2
DOSEN :
DR. H. HASAN BASRI, MA
HARI/TANGGAL :
SELASA/ 27 NOVEMBER 2012
_________________________________________
A. Petunjuk
Mengerjakan Soal
1. Tulislah nama
dan nomor induk (NIM) Anda di kertas jawaban masing-masing.
2. Bacalah
butir-butir soal terlebih dahulu secara cermat sebelum Anda mengerjakannya.
3. Jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas dan kerjakan yang
dianggap paling mudah terlebih dahulu.
4. Utamakan
kemampuan Anda sendiri tanpa terpengaruh oleh bisikan teman-teman lain dan
hindari copy and paste. Jawaban dari hasil jiplakan (copy-paste) tidak akan
diberi nilai.
5. Jawaban
diketik dengan fon Times New Roman ukuran 12 dan diketik 1,5 spasi; kertas yang
digunakan ukuran A4 (70 gram).
6. Pilihlah
salah satu MODEL SOAL (Model A atau B)
yang Anda sukai.
7. Gunakan waktu
dengan sebaik-baiknya dan baca soal dengan cermat.
8. Jawaban
diserahkan pada hari SENIN, tanggal 26 November 2012 di ruang 36 pada jam
kuliah; dikumpulkan via ketua kelas, FADHLI.
B. Soal Midterm
Test [MODEL-A]
1. Jelaskan
makna kata-kata di bawah ini baik secara lughawi maupun isthilahi:
a. al-Nikah
b. al-Hajj
2. Jelaskan apa
yang dimaksud dengan al-Tahrim a-Juz’i dan al-Tahrim al-Kulli, yang berkenaan
dengan al-Riba, dalam ayat-ayat di bawah ini (tuliskan bagian yang mana dari
ayat tersebut); dan sebutkan tahap-tahap pengharaman riba beserta ayatnya
masing-masing:
يَآأَيُّهَا الَّذِينَ
ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ وَذَرُوا مَابَقِيَ مِنَ الرِّبَا إِن كُنتُم مُّؤْمِنِينَ
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ
ءَامَنُوا لاَ تَأْكُلُوا الرِّبَا أَضْعَافًا مُّضَاعَفَةً وَاتَّقُوا اللهَ لَعَلَّكُمْ
تُفْلِحُونَ
3. Jelaskan perbedaan hukuman bagi pelaku zina Muhshan dan
Ghairu Muhsan.
4. Jelaskan maksud kata-kata di bawah ini, yang berkaitan
dengan makanan yang diharamkan dalam
al-Qur’an:
a. الْمُنْخَنِقَةُ
b. الْمَوْقُوذَةُ
c. النَّطِيحَةُ
d. مَآأَكَلَ السَّبُعُ
إِلاَّ مَاذَكَّيْتُمْ
e. لَحْمُ الْخِنزِيرِ
5. Apa makna أم الخبائث dan jelaskan mengapa al-Khamr oleh Rasulullah
disebut dengan: أم الخبائث (Ummul Khaba’its)?
6. Tafsirkan
ayat 11 – 12 surat al-Hujurat dengan menempuh MANHAJ TAFSIR berikut ini:
1) Teks Ayat
2) Tarjamah
al-Ayat
3) Makna Ijmali
4) Pengertian
Istilah
5) Asbab
al-Nuzul
6) Tafsir
al-Ayat
• Dapat
diperkaya dengan ayat-ayat lain yang ada hubungannya
• Dapat ditambah
hadits-hadits sebagai pendukung penjelas ayat
• Dapat
dimasukkan pendapat-pendapat ulama yang relevan
7) Kesimpulan:
Relevansinya dengan Pendidikan Islam
C. Soal Midterm
Test [MODEL-B]
1. Jelaskan
makna kata-kata di bawah ini baik secara lughawi maupun isthilahi:
a. al-Khamr
b. al-Maysir
2. Jelaskan maksud
kata-kata di bawah ini, yang berkaitan dengan makanan yang diharamkan dalam
al-Qur’an:
a. الْمَيْتَةُ
b. الْمُتَرَدِّيَةُ
c. مَاذُبِحَ عَلَى النُّصُبِ
d. مَآأُهِلَّ لِغَيْرِ
اللهِ بِهِ
e. الدَّمُ
3. Jelaskan apa
yang dimaksud dengan al-Tahrim a-Juz’i dan al-Tahrim al-Kulli, yang berkaitan
dengan al-Khamr dan al-Maysir, dalam ayat-ayat di bawah ini (tuliskan yang mana
saja dari ayat tersebut); dan sebutkan tahap-tahap pengharaman khamar beserta
ayatnya masing-masing:
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ
ءاَمَنُوا إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَاْلأَنصَابُ وَاْلأَزْلاَمُ رِجْسُُ
مِّنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ فَاجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ
ءَامَنُوا لاَتَقْرَبُوا الصَّلاَةَ وَأَنتُمْ سُكَارَى حَتَّى تَعْلَمُوا مَاتَقُولُونَ
4. Tafsirkan ayat yang bergaris di bawahnya dalam kaitan dengan makanan:
يَاأَيُّهاَ النَّاسُ
كُلُوا مِمَّا فِي اْلأَرْضِ حَلاَلاً طَيِّبًا وَلاَ تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ
إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ
5. Jelaskan pengertian Qadzaf dan Li’an serta hubungan
keduanya.
6. Tafsirkan
ayat 35 – 36 surat al-Ahzab dengan menempuh MANHAJ TAFSIR berikut ini:
1) Teks Ayat
2) Tarjamah
al-Ayat
3) Makna Ijmali
4) Pengertian
Istilah
5) Asbab
al-Nuzul
6) Tafsir al-Ayat
• Dapat
diperkaya dengan ayat-ayat lain yang ada hubungannya
• Dapat ditambah
hadits-hadits sebagai pendukung penjelas ayat
• Dapat
dimasukkan pendapat-pendapat ulama yang relevan
7) Kesimpulan:
Relevansinya dengan Pendidikan Islam
Banda Aceh, 26 November 2012
Be the best, be the smartest ... !!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar