Selasa, 29 Maret 2011

SILABUS TAFSIR-II

SILABUS MATA KULIAH TAFSIR II

Kode Mata Kuliah: TPA 4804
Mata Kuliah: Tafsir II
Komponen: MKK
Fakultas: Tarbiyah
Jurusan/Prodi: Pendidikan Agama Islam
Program: Strata Satu (S1)
Semester: IV
Unit: 3/Ruang 1
Bobot SKS: 2
_____________________________
Dosen: DR. H. Hasan Basri, MA
_____________________________
NIP. : 19630502 199303 1 005
HP.: 0812 8780317

e-mail: hasbaria@yahoo.com
Website: http://www.mihrabia.blogspot.com
Facebook: Hasbaria Mardawy



A. Tujuan

Agar mahasiswa dapat memahami dengan baik penjelasan ayat-ayat al-Qur’an yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan, kepemimpinan, hubungan orang tua dengan anak, hubungan murid dengan guru, menjaga kelestarian lingkungan, kewajiban menuntut ilmu, dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan Islam.

B. Topik Inti:

1. Tafsir ayat-ayat tentang ilmu pengetahuan:
a. Al-Baqarah/2: 32
b. Ar-Rahman/55: 19-20, 33
c. Al-Mujadilah/58: 11
d. An-Nahl/16: 72
e. Al-anbiya’/21: 79-80
f. Az-Zumar/39: 9

2. Tafsir ayat-ayat tentang potensi manusia:
a. Ar-Rum/30: 30
b. Al-A’raf/7: 172
c. Al-Nahl/16: 78
d. Al-Isra’/17: 36

3. Tafsir ayat-ayat tentang kepemimpinan
a. Ali ‘Imran/3: 28, 118, 159
b. An-Nisa’/4: 59, 144
c. At-Taubah/9: 23, 71
d. Al-Maidah/5: 51

4. Tafsir ayat-ayat tentang hubungan anak dengan orang tua dan kaum kerabat:
a. Al-Isra’/17: 23-25 < b. Al-Ahqaf/46: 15, 17 < > An-Naml/27: 19
c. Luqman/31: 14-15 ~
d. Al-‘Ankabut/29: 8 ~
e. Maryam/19: 12-15
f. An-Nisa’/4: 7, 36 ~
g. Al-Baqarah/2: 215 ~

5. Tafsir ayat-ayat tentang hubungan murid dan guru:
a. Al-Kahfi/18: 60-82
b. Al-Ahzab/33: 67-68
c. ‘Abasa/80: 1-16
d. An-Nahl/16: 43 ~
e. Al-Anbiya’/21: 7 ~

6. Tafsir ayat-ayat tentang motivasi berbuat kebaikan:
a. Al-Baqarah/2: 148
b. Ali ‘Imran/3: 114-115
c. Fathir/35: 32
d. Al-Jatsiyah/45: 15
e. Hud/11: 114-115
f. Al-An’am/6: 160
g. Ar-Rahman/55: 60

7. Tafsir ayat-ayat tentang lingkungan baik dan buruk:
a. Al-A’raf/7: 96
b. Al-Isra’/17: 16-17
c. Hud/11: 100-102
d. Ar-Rum/30: 41
e. Al-Baqarah/2: 59

8. Tafsir ayat-ayat tentang kewajiban belajar dan mengajar:
a. Al-‘Alaq/96: 1-5
b. Al-Qalam/68: 1
c. Al-Jumu’ah/62: 2
d. Al-Ghasyiyah/88: 17-20
e. Ali ‘Imran/3: 190-191
f. Al-‘Ankabut/29: 29-30

9. 9. Tafsir ayat-ayat tentang tujuan dan subjek pendidikan:
10. a. Ar-Rahman/55: 1-4
11. b. An-Najm/53: 5-6
12. c. An-Nahl/16: 43-44
13.
10. Tafsir ayat-ayat tentang objek pendidikan:
a. At-Tahrim/66: 6
b. Asy-Syu’ara’/26: 214
c. At-Taubah/9: 122
d. An-Nisa’/4: 58, 107

11. Tafsir ayat-ayat tentang metode pendidikan:
a. Al-Maidah/5: 67
b. An-Nahl/16: 125
c. Al-A’raf/7: 176-177
d. Ibrahim/14: 24-25

12. Tafsir ayat-ayat tentang al-amr bi al-ma’ruf wa nahy ‘an al-munkar:
a. Ali ‘Imran/3: 104, 110
b. At-Taubah/9: 71
c. An-Nahl/16: 90
d. Al-Hajj/22: 41
e. Al-A’raf/7: 157

C. Referensi

1. Ahmad Musthafa al-Maraghi, Tafsir al-Maraghi.
2. Syaikh Muhammad ‘Abduh, Tafsir al-Manar.
3. Muhammad ‘Ali al-Shabuni, Shafwah al-Tafasir.
4. Sayyid Quthb, Fi Zhilal al-Qur’an.
5. Al-Alusi, Ruh al-Ma’ani.
6. Mahmud Hijazi, Tafsir al-Wadhih.
7. Ibnu Katsir, Tafsir al-Qur’an al-‘Azhim.










----------------be the best------------------

1 komentar:

  1. Salam Bpk Hasan Basri.mohon izin saya copy silabusnya untuk bahan ajar mahasiswa ..Hasanuddin

    BalasHapus