Sabtu, 22 Februari 2014

SOAL UJIAN FINAL ULUMUL QUR`AN: MHSW S2 STAI DIRUNDENG



Take Home Exam:

PROGRAM PASCASARJANA UIN AR-RANIRY BANDA ACEH
SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) GANJIL TAHUN AKADEMIK 2013/2014
PROGRAM S2 STAI TGK. DIRUNDENG MEULABOH

MATA KULIAH                    : ULUMUL QUR`AN
UNIT                                       : 1 dan 2
DOSEN                                   : DR. H. HASAN BASRI, MA
HARI/TANGGAL                  : SABTU/ 22 FEBRUARI 2014



A.       Petunjuk Mengerjakan Soal

  1. Tulislah Nama, Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dan Unit Anda di kertas jawaban masing-masing.
  2. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan kerjakan soal yang dianggap paling mudah terlebih dahulu.
  3. Soal terdiri dari dua model: SOAL MODEL: A dan SOAL MODEL: B. Pilihlah satu model saja yang Anda sukai, yang masing-masing terdiri dari 4 (empat) soal utama.
  4. Utamakan kemampuan Anda sendiri tanpa terpengaruh oleh bisikan teman-teman lain (ingat: self-confidence is key of success) dan hindari Copy-Paste.
  5. Gunakan waktu dengan sebaik-baiknya dan baca soal dengan cermat.
  6. Jawaban diketik dengan menggunakan fon Times New Roman ukuran 12, dan jarak 1,5 spasi.  
  7. Soal-soal yang sudah dijawab dapat dikirim dalam bentuk Soft-Data ke E-Mail: hasbaria.qudwah@gmail.com selambat-lambatnya hari AHAD tanggal 02 MARET 2014 PUKUL 00:00 WIB.
  8. Jika ada soal atau pertanyaan yang kurang jelas, dapat ditanyakan langsung kepada dosen yang bersangkutan. Selamat menunaikan tugas! Good luck ... !


B.       Soal-Soal:

MODEL: A

1.    Secara historis, Mushhaf al-Qur`an pertama kali dicetak dengan mesin cetak modern pada tahun 1694 M di Hamburg, Jerman. Kemudian, penerbitan Mushahf al-Qur`an dengan label Islam baru dimulai pada tahun 1787 M. Pada masa-masa berikutnya, pencetakan Mushhaf al-Qur`an mulai berkembang di negeri-negeri Muslim, termasuk Indonesia.

Soal:
a.         Jelaskan upaya pemerintah Indonesia dalam menjaga dan melestarikan kemurnian Mushhaf al-Qur`an?
b.         Bagaimana pendapat Anda tentang pembudayaan bacaan al-Qur`an dan pengamalan pesan-pesannya dalam kehidupan umat Islam zaman kini?

2.    Dalam kajian Ulumul Qur`an terdapat istilah Muhkam dan Mutasyabih. Mengenai ayat-ayat Muhkamat tidak ada perbedaan pendapat di kalangan para ulama dalam pemahamannya; namun, dalam kaitan dengan ayat-ayat Mutasyabihat terdapat perbedaan pandangan di kalangan sebagian ulama.
Soal:
a.         Jelaskan perbedaan antara ayat-ayat Muhkamat dan ayat-ayat Mutasyabihat beserta contohnya masing-masing?
b.         Jelaskan pula perbedaan pendapat para ulama tentang ayat-ayat Mutasyabihat beserta alasan para ulama tersebut?

3.         Ilmu I’jazil Qur`an termasuk salah satu pokok pembahasan Ulumul Qur`an yang amat penting. Dalam perjalanannya, al-Qur’an ternyata banyak mendapat tantangan dari orang-orang yang mengingkarinya. Karena kemukjizatannya, al-Qur`an dapat mengalahkan seluruh penantangnya sehingga al-Qur`an dikenal sebagai al-Mu’jizah al-Khalidah (the Eternal Miracle).

Soal:
a.         Jelaskan apa yang dimaksud dengan I’jazil Qur`an baik secara lughawiyah maupun ishthilahiyah dan sebutkan kriteria sebuah mukjizat?
b.         Jelaskan I’jazil Qur`an dari segi-segi: 1) Segi balaghah (keindahan bahasa/sastra), 2) Segi tasyri’ (penetapan hukum), dan 3) Segi ilmiah atau ilmu modern (modern science)?

4.    Di antara pokok-pokok kajian Ulumul Qur`an adalah Ilmu Amtsalil Qur`an. Dalam pembahasannya, Amtsalil Qur`an meliputi unsur-unsur: 1) Shighat/Huruf Tasybih; 2) al-Musyabbah; 3)  al-Musyabbah bih; dan 4) Wajhul Musyabbah.

Soal:
a.         Jelaskan apa yang dimaksud dengan Amtsalil Qur’an baik dari segi lughawiyah maupun ishthilahiyah dan sebutkan faedah mempelajari Amtsalil Qur’an?
b.         Sebutkan keempat unsur (atau sebagiannya) Amtsalil Qur`an dalam ayat-ayat di bawah ini (surat AL-BAQARAH ayat 261-262 dan surat AL-JUMU’AH ayat 5) dan tulislah bagian ayatnya yang menunjukkan unsur tersebut.

·       مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ. الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ ثُمَّ لَا يُتْبِعُونَ مَا أَنْفَقُوا مَنًّا وَلَا أَذًى لَهُمْ أَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

·       مَثَلُ الَّذِينَ حُمِّلُوا التَّوْرَاةَ ثُمَّ لَمْ يَحْمِلُوهَا كَمَثَلِ الْحِمَارِ يَحْمِلُ أَسْفَارًا بِئْسَ مَثَلُ الْقَوْمِ الَّذِينَ كَذَّبُوا بِآيَاتِ اللَّهِ وَاللَّهُ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الظَّالِمِينَ.


MODEL: B

1.        Menurut sejarah, Mushhaf al-Qur`an pertama kali dikumpulkan pada masa Khalifah Abu Bakar ash-Shiddiq atas usulan Umar bin Khaththab. Berdasarkan Mushhaf tersebut kemudian Khalifah ‘Utsman bin ‘Affan melakukan kodifikasi Mushhaf al-Qur’an yang dikirim ke beberapa negara pada masa itu. Upaya kodifikasi Mushhaf al-Qur`an ini tentu saja mempunyai alasan dan tujuan tertentu sesuai dengan dinamika komunitas umat Islam yang terus berkembang dan meluas.

Soal:
a.         Jelaskan latar belakang dan faktor-faktor kodifikasi Mushhaf al-Qur`an pada masa Khalifah ‘Utsman bin ‘Affan dan siapa nama sahabat yang mengusulkan upaya kodifikasi tersebut kepada Khalifah ‘Utsman bin ‘Affan?
b.         Sebutkan dan jelaskan standard Mushhaf al-Qur`an yang dipakai berdasarkan Rasm ‘Utsmani dan sebutkan pula hikmah kodifikasi tersebut bagi umat Islam masa kini?


2.        Dalam kajian Ulumul Qur`an terdapat istilah Nasikh dan Mansukh. Mengenai ayat-ayat Nasikh dan Mansukh ini terdapat perbedaan pendapat di kalangan para ulama dalam pemahamannya; ada yang sepakat dan ada pula yang tidak sepakat tentang Nasikh dan Mansukh tersebut.  

Soal:
a.         Jelaskan pengertian Nasikh dan Mansukh menurut konteks Uluml Qur’an dan sebutkan contohnya masing-masing dan apa perbedaan antara Nasakh dan Takhshish?
b.         Jelaskan perbedaan pendapat ulama tentang Nasakh dan dalil-dalil yang membolehkan Nasakh tersebut?

3.        Ilmu Munasabah termasuk salah satu pokok pembahasan Ulumul Qur`an yang amat penting. Dalam perjalanannya, al-Qur’an ternyata banyak mendapat tantangan dari orang-orang yang mengingkarinya terutama kalangan orientalis. Untuk menjawab tantangan tersebut, ulama Ulumul Qur`an menyusun Ilmu Munasabah sebagai penjelasan secara rasional tentang eksistensi al-Qur`an dalam konteks kajian ilmiah. Dengan Ilmu Munasabah, akhirnya, dapat membungkam skeptisme terhadap al-Qur’an.

Soal:
a.         Jelaskan apa yang dimaksud dengan Ilmu Munasabah baik secara lughawiyah maupun ishthilahiyah dan macam-macam Munasabah beserta contohnya?  
b.         Sebutkan dan jelaskan urgensi Ilmu Munasabah bagi kaum akademisi dalam menyikapi berbagai tuduhan negatif dan skeptis terhadap al-Qur`an?

4.        Di antara pokok-pokok kajian Ulumul Qur`an adalah Ilmu Aqsamil Qur`an. Dalam pembahasannya, Ilmu Aqsamil Qur`an meliputi unsur-unsur: 1) Huruf/Fi’il Qasam; 2) Muqsam Bih;  dan 3)  Muqsam ‘Alaih.

Soal:
a.         Jelaskan apa yang dimaksud dengan Aqsamil Qur’an baik dari segi lughawiyah maupun ishthilahiyah beserta contohnya?
b.         Sebutkan ketiga unsur (atau sebagiannya) Aqsamil Qur`an dalam ayat-ayat di bawah ini (surat AL-QIYAMAH ayat 1-5 dan surat AT-TIN ayat 1-8) dan tulislah bagian ayatnya yang menunjukkan unsur tersebut.

·       لَا أُقْسِمُ بِيَوْمِ الْقِيَامَةِ.  وَلَا أُقْسِمُ بِالنَّفْسِ اللَّوَّامَةِ.  أَيَحْسَبُ الْإِنْسَانُ أَلَّنْ نَجْمَعَ عِظَامَهُ.  بَلَى قَادِرِينَ عَلَى أَنْ نُسَوِّيَ بَنَانَهُ. بَلْ يُرِيدُ الْإِنْسَانُ لِيَفْجُرَ أَمَامَهُ.

·       وَالتِّينِ وَالزَّيْتُونِ. وَطُورِ سِينِينَ.  وَهَذَا الْبَلَدِ الْأَمِينِ. لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ.  ثُمَّ رَدَدْنَاهُ أَسْفَلَ سَافِلِينَ. إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فَلَهُمْ أَجْرٌ غَيْرُ مَمْنُونٍ.  فَمَا يُكَذِّبُكَ بَعْدُ بِالدِّينِ. أَلَيْسَ اللَّهُ بِأَحْكَمِ الْحَاكِمِينَ.


Wiseword:

“LIFE WILL BE MORE BEAUTIFUL WHEN WE LOVE  EACH OTHER SINCERELY.”
From Heart to Heart

Rabu, 12 Februari 2014

SOAL UJIAN KOMPREHENSIF TAFSIR/HADITS: Taufiq Hidayat



FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UIN AR-RANIRY BANDA ACEH
TAHUN AKADEMIK 2013/2014

SOAL UJIAN KOMPREHENSIF
MATA KULIAH: TAFSIR/HADITS
DOSEN PENGUJI: DR. H. HASAN BASRI, MA
_____________________________________________________


A.      Petunjuk Mengerjakan Soal

1.      Tulislah Nama dan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) pada lembar jawaban.
2.      Jawaban diketik dengan jarak 1,5 spasi, fon Times New Roman. Diprint-out atas kertas HVS ukuran 4A (70 gram).
3.      Baca soal secara cermat dan jawablah setiap pertanyaan secara jelas. Setiap poin ditulis kembali soal-nya.
4.      Jawaban yang diberikan secara tertulis akan diuji secara lisan pada saat Ujian Komprehensif. Karena itu, kuasai dengan baik apa yang telah dijawab.
5.      Waktu untuk menjawab soal diberikan sejak soal ini dikeluarkan: Hari Rabu, 12 s.d. 16 Februari 2014. Ujian secara lisan akan diadakan HARI SENIN tanggal 17 Februari 2014 di Ruang Dosen Fakultas Tarbiyah UIN Ar-Raniry, Pukul: 09.30 WIB.

B.       Soal-Soal:

1.        Jelaskan pengertian istilah-istilah di bawah ini dan berikan satu contoh masing-masing:

1)      Nasikh dan Mansukh
2)      Aqsamul Qur’an
3)      Amtsalul Qur’an
4)      Munasabah
5)      Muhkam dan Mutasyabih

2.        Sebutkan contoh al-Tahrim a-Juz’i dan al-Tahrim al-Kulli, yang berkaitan dengan al-Riba, dalam ayat-ayat di bawah ini (tuliskan bagian ayat yang mana dari ayat tersebut).


·       يَآأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ وَذَرُوا مَابَقِيَ مِنَ الرِّبَا إِن كُنتُم مُّؤْمِنِينَ

  • يَا أَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا لاَ تَأْكُلُوا الرِّبَا أَضْعَافًا مُّضَاعَفَةً وَاتَّقُوا اللهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ


3.        Jelaskan bentuk Munasabah al-Ayat bi al-Hadits (ayat dan hadits tentang wasiat dan hak ahli waris di bawah ini) serta jelaskan bagaimana hubungannya dengan al-Nasikh wa al-Mansukh?


·         Surat al-Baqarah: 180-181

·       كتبَ عَلَيْكُمْ إِذَا حَضَرَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتَ إِن تَرَكَ خَيْرًا الْوَصِيَّةُ لِلْوَالِدَيْنِ وَاْلأَقْرَبِينَ بِالْمَعْرُوفِ حَقًّا عَلَى الْمُتَّقِينَ.  فَمَن بَدَّلَهُ بَعْدَمَا سَمِعَهُ فَإِنَّمَآ إِثْمُهُ عَلَى الَّذِينَ يُبَدِّلُونَهُ إِنَّ اللهَ سَمِيعٌ عَلِيمُ (الآية)

·          إن الله أعطى كل ذي حق حقه ألا لا وصية لوارث (الحديث)

4.        Tafsirkan ayat 27-29 dalam surat al-Nur sesuai dengan sistematika berikut ini:

1)                Tarjamah al-Ayat (ke dalam bahasa Indonesia)
2)                Ma’na mufradat (kata-kata tertentu dalam ayat tersebut).
3)                Asbab al-Nuzul.
4)                Tafsir al-Ayat (tulis teks ayat masing-masing).
5)                Munasabah  Ayat bi al-Ayat (tulis teks ayat).
6)                Munasabah al-Ayat bi al-Hadits (tulis teks hadits).
7)                Hikmah al-Tasyri’.
5.        Jelaskan persamaan dan perbedaan antara Al-Qur’an dan Hadits Qudsi dan tulislah satu teks Hadits Qudsi.
6.        Jelaskan pengertian Hadits Mutawatir, Hadits Shahih, dan Hadits Dha’if serta tulislah masing-masing satu contoh teks haditsnya.




Banda Aceh, 12 Februari 2014